Sunday, July 6, 2014

Hari Hari Pertama Jadi AGM (Anak Gaul Magang)

Wa'alaikumussalam, para pemburu takjil!
Wah, nggak kerasa udah seminggu aja nih kita-kita yang muslim ngejalanin puasa. Gimana ngabuburitnya? Gimana buka barengnya? Gimana sahur on the road-nya? Pasti udah pada ngerencanain itu semua kaaan walaupun puasa baru jalan seminggu~

Ngomongin puasa, ada yang beda sama puasaku tahun ini. Kalau kemarin masih bisa ngerasain sahur, buka, dan taraweh bareng keluarga di rumah, tahun ini aku terpaksa harus melaluinya sendirian :') Karena eh karena, di bulan puasa ini bertepatan sekali dengan bulan di mana aku harus Kerja Praktek (KP) a.k.a magang.

Jadi, di kampusku itu (mungkin kampus lain juga), magang jadi salah satu mata kuliah dan wajib buat diikuti seluruh mahasiswanya. Karena aku kuliah di jurusan Multimedia Broadcasting, otomatis tempat magangku nggak jauh-jauh dong dari dunia itu. Nah, selama Juli sampai September, aku magang di Suara Surabaya Media. Tepatnya di radio SHE. Di sana, aku magang di bagian produksi.

Karena background sekolahku dulu adalah SMA di mana nggak ada pengalaman magang seperti anak SMK, maka waktu mendekati hari H magang aku deg-degan banget. Nervous. Aku udah ngebayangin yang aneh-aneh aja. Kayak takut dimarah-marahin, takut disalah-salahin, woah pokoknya takut-takut nggak jelas gitu lah. Ini semua akibat doktrin dari hestek #AnakMagangSelaluSalah.

Tapi selama dua hari aku magang...
Let the story begin.


HARI PERTAMA.
Aku dijadwalin kerja *ciee kerja* dari jam 9 pagi sampe 5 sore. Ini berdasarkan info yang kudapat dari mbak-mbak yang nerima aku magang dulu. Tapi nih, aku baru sampe di tempat magang jam setengah 11an gitu gegara ada sesuatu. Nah pas udah sampe, aku dikenalin sama orang-orang yang ada di lantai 3 kantor (karena posisi radio SHE di lantai 3). Belum dikenalin semua sih, cuman beberapa mbak-mbak dan mas penyiar, mbak supervisor, mbak music director, mbak web developer, mbak-mbak entah-di-bagian-apa-kerjanya, sama pak menejer.

Awalnya, aku duduk diem gitu kan. Aku nggak ngerti kudu ngapain dulu. Trus setelah duduk kurang lebih selama 20 menitan, aku di-briefing sama mbak supervisor. Kelar di-briefing mbak supervisor, aku diarahin ke pak menejer. Wah, di sini aku deg-degan abis. Bukan apa-apa, tapi aku ngerasa kayak diospek kedua kalinya. :')

Setelah dijelasin begini dan begitu, aku baru paham kalau di radio SHE itu, yang penyiar nggak cuman siaran aja. Mereka-mereka juga bisa bikin script, jadi music director, jadi web developer juga, jadi reporter yang ngelakuin reportase juga, multitasking gitu lah. Jadi nih, satu orang bisa ngerjain beberapa tugas sekaligus. Hebat yah mereka.

Nah, kerjaanku di hari pertama ini cuman nge-rewrite sama nulisin jawaban dari kuis-kuis yang masuk di fesbuk. Rewrite ini maksudnya nulis ulang artikel atau informasi atau berita yang udah ada pake bahasa kita. Tapi ya aku nyesuaiin sama gaya bahasanya radio SHE dong. Jangan kira nge-rewrite itu gampang gaes. Ini sama susahnya kayak nungguin kepastian dari gebetan kamu yang sering ngilang gitu. Soalnya, aku harus nge-rewrite artikel atau berita yang sesungguhnya tulisannya sudah bagus. Ini tidak mudah. :')

Setelah nge-rewrite artikel sama jawaban kuis, aku nggak ngapa-ngapain. Aselih deh, hari pertama aku jadi diem banget gitu. Kayak bukan aku :') Abisan aku beneran deg-degan, takut salah ngomong atau salah ngelakuin sesuatu, trus jadinya aku dan kampusku dicap yang tidak-tidak :') Bukankah itu menyeramkan? :')

Oh iya, hari pertama aku magang itu hari Jum'at, tanggal 4 Juli kemarin. Dan aku baru pulang jam 4 sore. Tau nggak, selama hari pertama, aku nggak ngeliat adanya anak-anak seumuranku berkeliaran. Trus aku curiga, jangan-jangan cuman aku seorang yang magang di sini? Sungguh sebuah misteri yang menunggu untuk dipecahkan.

Beuh, rasanya hari pertama magang ituya................... kayak hari pertama magang. Nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata.


HARI KEDUA.
Hari kedua, karena aku diinstruksikan masuk jam 7 pagi dan bekerja selama 8 jam, maka harusnya aku pulang jam 3 sore. Tapi buat nentuin jam berapa aku pulang, aku sedikit menemui kebingungan gaes. Soalnya, pak menejer bilang aku kerja selama 8 jam, dari jam 7 pagi sampe jam 4 sore. Nah kalau diitung-itung, jam 7 pagi ke jam 4 sore itu jaraknya 9 jam. Jadi, yang bener pegimane? Nanti aku ceritain ending magang hari keduaku.

Oke, jadi di hari Sabtu, aku telat 15 menit gegara jalanan macet. Pas tau aku telat, pikiranku udah mikir macem-macem. Takut disemprot sih, masa anak magang telat -.- Tapi ternyata enggak hehehe. Pas dateng, di ruang kerjaku baru ada tiga orang. Untungnya, tiga orang itu yang kemarin udah dikenalin ke aku. Jadinya aku nggak terlalu takut lagi harus ngapain. Aku duduk di meja kerjaku trus cengo beberapa saat. Ngeliatin mbak-mbak yang lagi siaran, ngeliatin sekitar, nggak jelas gitu deh, soalnya mbak supervisor yang ngasih aku kerjaan lagi siaran waktu itu.

Setelah ada jeda iklan, mbak supervisor-nya baru deh ngasih aku kerjaan. Awalnya disuruh rewrite lagi sama update jawaban dari kuis kemarin. Trus beberapa saat kemudian aku disuruh bikin status. Iya, status. Bukan status yang kayak in relationship atau single loh ya, tapi status buat fesbuk-nya radio SHE. Aku dikasih kertas yang berisi tentang rule dari kuis yang harus kubikinin statusnya, trus aku bingung. Ini adalah kali pertama aku kebingungan mau bikin status apa buat dipampang di fesbuk :B

Kelar mikir, aku tulis statusnya. Tapi nggak langsung di-post, harus ditunjukkin dulu ke mbak-mas yang lagi ada di situ, bener nggak status yang aku bikin. Ternyata setelah kuperlihatkan, cuman dapet revisi dikit. Ya mayanlah, berasa jadi admin magang gini akunya. :3

Di hari kedua ini, tugas hari pertamaku diperiksa. Dan kalian tau? Tugasku salah total :((((
Jadi, di hari pertama aku ngira yang ku-rewrite itu tulisan buat artikel di web. Jadi gaya nulisku ya gaya nulis artikel biasa. Ternyata yang dimaksud adalah nge-rewrite buat radio, buat penyiar. Harusnya aku pake gaya tulisan jurnalistik radio yang ada garis miring-garis miringnya. Tau tulisanku salah total, aku merasa dirty :')
So, waktu disuruh rewrite lagi, aku nggak ngelakuin kesalahan yang sama. Aku rewrite pake banyak garis miring. Pake unsur-unsur dan prinsip jurnalistik radio. Untung aja aku bawa buku catetan kuliyeah. :3

Trus kemarin, aku diajarin jadi gatekeeper. Tugasnya gatekeeper ini ngangkatin telepon, nyatet nomer-nama-alamat orang yang telepon, nulis laporan tentang isi talkshow, tentang apa yang diobrolin orang di telepon, tentang apa yang harus diinstruksiin ke penyiar, tentang info atau artikel yang harus dibaca penyiar, tentang berapa menit lagi menuju reportase atau interaktif, gitu gitu lah. Waktu diajarin bagian ini, aku deg-degan. Takut salah pencet atau salah tulis atau salah ngomong. Takut nggak tau apa yang harus kulakukan kalau dapet tugas yang nggak dijelasin. Ketakutan-ketakutan klise gitu deh.

Nah, pas nganggur ga jelas gitu, ada mbak-mbak siaran yang mau pulang kan. Dia nanyain tadi aku masuk jam berapa. Kujawab aja kan, trus mbaknya bilang, "Oh, berarti pulang jam 3 ya?" dan aku he-eh he-eh aja. Ya abisan aku bingung kan, nyang bener pulang jam 3 apa jam 4 ._. Lha tapi mbaknya bilang gitu, yaudah aku iya-in aja.

Trus waktu jam setengah 4-an, mbak supervisor-nya kan mau pulang. Aku iseng aja tanya, "Mbak, kalau weekend gini anak magang pulangnya jam berapa sih?" dan dijawab, "Ya sama, 8 jam kerja. Kamu tadi masuk jam berapa?" "Jam tujuh..." "Lho, ya berarti udah pulang ini. Ayo pulang, aku juga mau pulang."
Aku shock.
Kaget.
Terkejut.
Terkesiap.
Karena nggak yakin dan takut kalau aku pulang jam segitu ntar dimarahin pak menejer, aku ceritain aja apa yang kemarin pak menejer ceritain ke aku. Tapi ternyata aku tetep disuruh pulang jam 3. Alhamdulillah, ini namanya #BerkahRamadhan. :')

Pas mau pulang, aku tanya lagi ke mbaknya. Mau mastiin kecurigaanku kemarin kalau yang magang di sono cuman aku doang. Dan kalian tau?????
KECURIGAANKU BENAR, PEMIRSAH.
Pantesan aku nggak liat ada anak magang sama sekali....... Misterinya terungkap setelah aku diceritain kalau bulan ini baruuu aja ada 2 anak magang yang keluar.
Trus, kalau nggak ada anak magang lagi, ntar pas kelar puasaan aku makan siang sama siapa?
Ngajak becandaan siapa?
Cerita-cerita sama siapa?

Ah, hari-hari pertama anak magang memang penuh kejutan yang tak terkira :')

17 comments:

  1. Wah, sama nih gue juga lagi magang noh ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *langsung obok-obok blognya Angga yang tentang magang*

      Delete
    2. gue datang lagi nih.

      Rizky yg sabar ya magangnya, haha pasti kuat.
      Gak usah makan siang, kan lagi puas. Hoho.

      Delete
  2. dan kejutan di tempat magang, bakalan berlanjut kak catet...

    haha walaupun saya magang waktu SMK tapi percya deh kak, magang itu samadengan "Menderita" entar juga lama kelamaan bakalan ngerasaain.

    oya saya juga punya cerita magang yg di buat di blog, kali aja mau baca hhe tapi maklumin kalau tulisannya aburadul soalnya waktu masih awal belajar ngeblog, dan tanpa proses editing haha http://www.adittyaregas.com/search/label/DERITA%20ANAK%20MAGANG

    salam kenal kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. satulagi... saya juga jurusan Multimedia *gakpenting*

      Delete
    2. Wuih sama-sama anak multimedia! Tos dulu dong!
      Jangan dikasih tau part 'menderita'-nya dong.............. :")

      Delete
  3. selamat magang deh, magangnya kok bisa sendirian gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, temen-temenku sejurusan nggak ada yang mau nemenin karena nggak tertarik di bidang radio :')

      Delete
  4. Yang sabar! ciptain aja teman magang imajinasi :D jadi bisa makan bareng, becanda bareng dan cerita2 bareng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ini sudah sabar bangeeet :'D maunya pacar imajinasi sekalian *lah

      Delete
  5. Cemungut artikelnya menarik kk. kasi jempol kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha makasih yaaa buat jempol kakinya =))

      Delete
  6. gara gara aku cari info magang akhirnya nemu artikelnya mbak :) Mbak magang disana berapa lama?

    ReplyDelete
  7. hai, aku mahasiswi ilmu komuniasi dan skg harus kerja praktek alias magang, uda byk cari informasi2 tp blm ada profesi yg aku sasar dan aku sukai karna sbnernya minatku bukan disitu, tp mau gk mau aku harus kerja praktek... pas baca cerita ini barusan, aku jadi penasaran cerita di hari2 selanjutnya, over all.... magang di radio itu enak kah? kerjaannya enjoy,asik/nggak? hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, maaf ya baru bales komen kamu.

      magang di radio itu enak kok, seru, dan kerjaannya nyenengin banget. apalagi kalau kamu mahasiswi komunikasi, pasti bakalan betah deh magang di radio karena tiap harinya ada tantangan yang beda-beda gitu. :))

      Delete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.