Saturday, December 27, 2014

C2O Library and Collabtive: Surganya Buku Impor

Selamat hari Sabtu-menuju-malam-minggu, saudagar-saudagar sekalian!~
Udah pada ngerencanain nggak, mau malam mingguan ke mana? Kalau kalian masih bingung mau ke mana lagi di Sabtu malam ini, nih aku mau ngasih satu rekomendasi tempat. Tapiiiiii, tempat ini kayaknya kurang cocok kalau buat pacaran-gandengan-liat liatan-suap suapan-atau apapun kegiatan anak pacaran biasanya. Rekomendasi aku kali ini bakalan pas buat pasangan muda *tsaelah* atau jejombloan yang hipster, anti-mainstream, bosen sama tempat nongkrong yang gitu-gitu aja, dan pastinya, hobi baca.

YEP! Di postingan ini, Nindy mau ngerekomendasiin satu perpustakaan yang asik banget di Surabaya. Nama perpusnya C2O Library and Collabtive. Kayak apa sih bentuknya? Nih...

Penampakan C2O Library and Collabtive begitu nyampe.
Sebelumnya, aku mau kasih tau dulu kalau semua foto yang ada di postingan ini diambil pas malem, jadi maapin yak kalau banyak noise dan fotonya agak burem. Sebenarnya udah lama banget mau bikin postingan ini, sekitar akhir 2013-an gitulah, tapi kok ya baru di-post pas mau 2015. Heuheu. :B

Oke, cukup basa-basinya. Lanjut deh C2O Library tuh gimana sih?



Jadi begini, awal mula aku ke C2O karena dapet tugas mata kuliah fotografi. Saat itu, aku ditugasin buat motret apapun bertemakan Surabaya dan dibikin photobook. Aku yang satu tim sama temenku, Yesi, mutusin buat motret sisi 'remaja'-nya Surabaya, dari bidang fashion sama tempat-tempat nongkrong. Dannnn sampailah kita pada C2O~ :3

C2O Library and Collabtive ini cukup 'nyempil' tempatnya, berlokasi di jalan Dr. Cipto 20 Surabaya. Kalau kalian kesusahan cari jalan Dr. Cipto, kalian yang berdomisili di Surabaya (ataupun yang di luar Surabaya tapi mau ke sini) tinggal ikutin aja jalan Polisi Istimewa. Nah, ntar di situ kalian bakalan liat ada palang besi yang bertuliskan jalan Dr. Cipto, masuk deh ke jalan itu. Perpusnya nggak terlalu gede, berada di antara rumah-rumah. Atau kalau masih kesusahan aja, coba tanya abang-abang becak yang nangkring di pinggir jalanan situ.

Usut punya usut, ternyata perpus C2O ini aslinya adalah koleksi buku-buku pribadi milik owner-nya, mba Kathleen. Eh, kok kamu tau, Nin? Jangan sotoy, deh! Nggak, aku nggak sotoy, kok. Ini menurut penjelasannya Yesi, yang ternyata papanya temenan sama papanya mba Kathleen, begitu. Nah, karena koleksi pribadinya mba Kathleen udah banyak banget, akhirnya diputuskan deh untuk dibikin perpustakaan yang bisa dikunjungi siapa saja.

Begitu masuk, langsung disambut rak-rak buku. #yaiyalah #namanyajugaperpus
Entah kenapa suka sama judul bukunya :3
Di perpus C2O ini banyaaak banget buku-buku seru yang bikin kalian betah. Mau cari novel, ada. Buku sejarah, ada. Buku-buku pengetahuan umum, ada. Buku lama, ada. Buku baru, ada. Nyenengin deh pokoknya! Buat yang suka banget baca, perpus ini bisa jadi tempat nongkrong favorit, saking bervariasi-nya buku yang ada.

Emang keliatannya agak berantakan sih... :/
Ketika kalian masuk ke dalam perpusnya, kalian bakalan disambut sama satu rak di sebelah kiri dan satu meja, umm, semacam meja resepsionis gitu, di sebelah kanan. Nggak hanya buku, di perpus ini juga ada macem-macem barang kayak barang-barang rajutan hasil event yang diadain beberapa waktu lalu, merchandise Surabaya kayak tote bag atau newsletter, bahkan ada juga CD penyanyi-penyanyi indie macem White Shoes and The Couples Company.

Kata mbak-nya dulu sih, ini hasil rajutan dari satu event yang mereka adaian beberapa waktu lalu.
Ini nih tote bag yang aku maksud. Desainnya oke loh :3
Selain bisa baca dan pinjem buku, di C2O juga ada buku-buku secondhand yang dijual, loh. Jadi, kalau seandainya dari buku-buku itu ada salah satu buku yang ternyata udah kamu cari-cari banget, bisa tuh sekalian dibeli. Cuman 5rebu doang. Kantong senang, hati riang!~

Buku-buku secondhand yang dijual juga ada yang impor, loh. Asik bener dah.
Oh iya, kenapa judul blogpost kali ini adalah 'surganya buku impor', karena emang di perpus C2O ini banyaaaaaak banget buku-buku impor yang bisa kalian temui. Apalagi buat mahasiswa yang kuliah di jurusan per-desain-an, beuh, pasti bahagia banget deh di sini. Soalnya, di C2O ini buku-buku desainnya lumayan lengkap. Nggak cuman mahasiswa desain yang bahagia, kalian yang suka baca novel juga pasti dimanjakan dengan koleksi novel-novel di sini.

Lihatlah betapa banyaknya buku-buku fiksi ini. Bookworms pasti ngiler deh :p
Selain koleksinya yang banyak dan lumayan lengkap, C2O ini tempatnya juga cozy abis. Walau keliatannya kecil dan nggak seberapa luas, tapi beneran kok, suasananya nyaman banget. Bikin tenang. Ngerjain tugas di sini berlama-lama pun kayaknya bakalan asik-asik aja karena hawanya yang adem dan 'penuh pengetahuan'. Di C2O, ada dua pilihan tempat buat baca buku, duduk di kursi atau lesehan. Berasa kayak di rumah sendiri gitu deh!

Kalau nggak ati-ati, bantal-bantal itu bisa menjerat kalian menuju kenyamanan tiada tara yang mengakibatkan suara ngorok.
Sofanya vintage gitu yah. Gemessshhh! :3
Kalau bosen ngerjain tugas di kampus ataupun di kamar, mending ke sini aja~
Nah, ada satu hal yang menarik nih, waktu aku ke sini. Jadi, di bagian belakang perpus C2O, ada satu dinding yang dilapisi kaca gitu kan. Di dinding kaca ini, ada banyak sticky notes yang ditempel. Di sticky notes itu, pengunjung-pengunjung C2O nulisin harapan mereka buat tahun 2013 (karena kan waktu itu aku motretnya di tahun 2013). Kreatif banget!

...saya ingin segera dipertemukan dengan jodoh kebahagiaan :3
Mari kita ucapkan, "AAMIIN!"
Di depan dinding kaca ini, ada tumpukan tabloid atau zine yang edisinya bermacam-macam. Ada edisi musik, film, teater, komunitas, dan lain lain. Selain itu, kita juga bisa ambil satu postcard trus nyeritain tentang tempat favorit di Surabaya. Seru dan nambah wawasan :3

Majalah - tabloid - newsletter. Semuanya berhubungan dengan anak gawl muda.
Mana tempat favoritmu?
Kalau menurutku, perpus C2O ini kudu wajib sangat harus dikunjungi buat mahasiswa desain. Yaa karena apalagi kalau bukan koleksi buku desainnya yang aduhai bikin kita betah berlama-lama. Buku-buku yang bertemakan sejarah juga lumayan komplit di sini. Duh, mau cerita apalagi yaa? Pokoknya kalian yang hobi baca harus lah main-main ke sini. Nggak akan nyesel deh!

Selain berfungsi sebagai perpustakaan, nggak jarang C2O juga jadi 'markas' berkumpulnya komunitas-komunitas pemuda di Surabaya. Salah duanya Ayorek! dan Lendabook. Nggak hanya komunitas, C2O juga secara rutin ngadain event kayak pemutaran film dan penampilan musik indie, workshop craft, dan masih banyak lagi. Buat tau info lebih jelasnya, buka aja situs C2O Library and Collabtive di sini.

Perpus ini buka setiap hari kecuali hari Selasa, dari jam 11 pagi sampai jam 9 malem. Buat pinjem buku-bukunya, kalian harus registrasi dulu. Tapi, kalau mau sekadar nongkrong keren atau baca di tempat, nggak dipungut biaya kok.

Gimana nih, jejombloan yang hobi baca atau demen buku, daripada bengong sendirian dan nggak tau mau ngapain, ke sini aja. Itung-itung nambah wawasan, biar kalau ngajak ngobrol gebetan ada topik baru yang dibicarain, trus keliatan pinter deh di depan doi. Atau kali-kali ada yang jomblo juga, trus kenalan, trus cocok, trus berlanjut deh ke pelaminan~

8 comments:

  1. tempatnya kereeennn >.< aku sih nugas & nongkrong2 cantik di perpusda sih. Enak tempatnya tapi nggak se-cozy ini >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehe sekali-sekali coba deh dateng ke sini. Dijamin betah banget gapengen pulang :"D

      Delete
  2. blognya bagus yaa..
    salam kenal yaa. visit back donk. :)
    -- katamiqhnur.com --

    ReplyDelete
  3. duh unyu banget tempatnya
    kapan kapan ah kesana :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unyu abis! Ini termasuk dalam daftar must-visit-place lah pokoknyah! :D

      Delete
  4. baru denger namanya pas ada festival film prancis kapan hari, tapi belom pernah kesana.
    liat postingan ini, jadi ngiler euy, harus di agendakan sepertinya.
    thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, coba deh kamu mampir ke sana. tempatnya emang sering dibuat festival film/buku/musik kecil-kecilan gitu sih :D

      sama-sama yaa senang bisa ngasih info! :D

      Delete
  5. Tolong tanya ini tempatnya library saja atau ada cafe nya? (bisa pesan minum atau makan?)

    ReplyDelete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.