Monday, July 22, 2013

#CreativeCharity Surabaya by @shitlicious

Sudah lama nggak ngeblog gara-gara kesibukan kuliyeah, sekalinya ngeblog langsung ngebawa cerita seru. Nggak apa-apa lah yaa maklumin aja, maba (mahasiswa baru) kan suka (sok) disibukin sama jadwal kuliyeah dan kumpul ormawa ini itu. Nanti setelah aku jadi maba (mahasiswa bangkotan), pasti aku bakalan sering-sering ngeblog lagi kaya dulu.

Well, udahlah lupain cerita (sok) kesibukannya aku selama kuliyeah. Nah nah, di postingan yang ini, aku bakalan ceritain satu event yang diadain sama selebtwit kelas A (kemarin MCnya bilang gitu) sekaligus blogger dan penulis favorit kita. Yap. Alitt Susanto a.k.a @shitlicious! *terdengar suara tepuk tangan yang meriah dari kejauhan*
Jadi, kemarin, Minggu 21 Juli 2013, bang Alitt ngadain #CreativeCharity di Surabaya, tepatnya di R.O.D.O Coffee deketnya kampus ITATS. Sebelumnya, acara ini udah terlaksana di Jogja, Semarang, sama Jember. Nah, Surabaya jadi kota keempat yang dikunjungin bang Alitt dalam event #CreativeCharity ini.

Buat kalian yang belum tau atau mungkin bertanya-tanya, apa sih #CreativeCharity? Bisa dilihat di sini. Nah, sekarang kalian udah tau dan bisa ngira-ngira kan acaranya seperti apa? Oke, aku mau cerita dikit tentang #CreativeCharity di Surabaya.

Sebelumnya, untuk ikutan acara ini kita harus isi form dulu di webnya bang Faris. Nah, setelah isi form, kita bakalan disms untuk pemberitahuan lokasi dan waktunya. Maka jadilah, #CreativeCharity Surabaya berlokasi di R.O.D.O Coffee pada jam 15.00. Aku dateng beberapa menit sebelum jam 3 sore, dan udah terlihat banyak massa yang mau demo udah berkerumun nungguin kafe dibuka. Karena aku datengnya sendirian, kayanya bakalan garing dan nggak seru banget kalau aku nanti ketawa-tawa sendiri atau lebih parahnya duduk sendiri pas dengerin bang Alitt ngasih ilmu. So, aku kenalan dengan beberapa jiwa yang kelaparan juga udah nunggu di sana.
Setelah kafe dibuka, aku beserta Sita dan Intan -temen yang tadi kenalan- pun masuk. Kita ngobrol-ngobrol sekalian nunggu bang Alitt datang. Oiya, kemarin bang Alitt nggak sendirian bagi-bagi duit ilmunya. Ada bang Dion juga mbak Wiwid, editor dari bukune, yang nggak pelit bagi tips cara nulis yang baik.

Waktu udah menunjukkan jam 4 sore dan bang Alitt masih belum dateng juga padahal bang Dion sama mbak Wiwid-nya udah menampakkan diri. Aku, Sita, sama Intan sempat bertanya-tanya ke manakah gerangan sang mahasiswa abadi. Hasil stalking dari go to user @shitlicious, ternyata bang Alitt kena macet vroh. Okelah, 45-an orang yang hadir (termasuk aku) nunggu kedatangannya dengan lemes sabar.

Akhirnya sekitar jam 5 kurang 15, bang Alitt dateng sama bang Faris. Acara udah mulai dibuka dengan pembukaan-pembukaan singkat macem perkenalan dan sepatah dua patah kata dari bang Dion. Setelah urusan cek sound dan cek file presentasi kelar, event #CreativeCharity pun resmi dibuka.

Bang Dion sebagai pemberi ilmu gratisan pertama ngebahas tentang menulis fiksi. Dia ngasih kita gambaran tulisan fiksi itu ada apa aja, apa yang perlu kita lakuin untuk memulai sebuah tulisan fiksi, hal-hal penting apa yang perlu diperhatiin ketika menulis fiksi, bagaimana menulis fiksi yang memancing rasa penasaran pembaca, dan banyak lagi. Penjelasannya memang cukup singkat karena dikejar waktu, mengingat acara yang mulainya molor. Tapi itu semua nggak ngurangin manfaat ilmu yang udah dikasih kok. Maacih ilmunya ya, bang Doy! *kechup manja*

Pemberi ilmu gratisan kedua adalah mbak Wiwid, penulis buku sekaligus editor dari bukune. Nah, di sini aku dapet ilmu baru lagi nih tentang gimana caranya supaya tulisan kamu (lebih dikhususin ke novel sih) bisa diterima penerbit dan punya cerita yang kuat. Kemarin mbak Wiwid ngejelasinnya cepet banget karena mbak Wiwidnya diburu waktu juga untuk segera balik ke Jakarta. Tapi tetep, dari penjelasan yang singkat dan cepet padat itu, aku masih bisa nangkep ilmunya dengan jelas kok.

Pas setelah mbak Wiwid bagi-bagi ilmu, kita ngebatalin puasa bareng-bareng. Karena #CreativeCharity Surabaya bertempat di kafe, maka kita nggak bingung lagi mau makan dan minum apa. Pas break buka puasa, kita nggak dibiarin bengong gitu aja dong. Ada live acoustic performance dari duo Shmlznxbcn, entahlah duo siapa, aku lupa namanya. Tapi aselih, suara dua gadis kakak-beradik ini enak abis. Petikan gitarnya nggak kalah merdunya sama suaranya. Aku rasa mereka bisa lah ya ikutan IndoIdol atau XFactor atau Pildacil The Voice. Mereka bawain empat lagu, dan aku merasa enaknya suara mereka klimaks banget tuh di lagu terakhir, Get Lucky-nya Daft Punk. Beeeeuh! *goyang jempol*

Setelah break, MC mulai menunjukkan tanda-tanda akan menghadirkan penampakan sesosok mahasiswa semester sebelas skripsi yang ditunggu-tunggu. Yak. Siapa lagi kalau bukan bang Alitt. Prok prok prok...
Sebelum ngasih materi, bang Alitt sempat stand up gitu. Lucu dan seru banget, itung-itung buat hiburan kita yang udah nunggu lama ya, bang. *senderan di bahu Rio Dewanto*
Bubar stand up, bang Alitt masuk ke materinya. Kemarin, bang Alitt ngasih ilmu tentang nulis asik, gimana caranya biar tulisan kita tetep asik dan pembaca pengen terus-terusan baca tulisan kita. Di sela-sela materi, bang Alitt selalu ngasih something funny yang greget tapi tetep nyambung sama materinya, mungkin maksudnya biar kita lebih paham ilmu yang udah dijelasin barusan. Ini nih yang bikin #CreativeCharity beda sama seminar nulis lain yang somehow bikin bosen. Bang Alitt juga ngasih contoh-contoh kecil yang fun dan (tentunya) lucu dari materi-materi yang udah diberikan biar kita lebih ngeh.
Materi yang disampein emang udah habis, tapi bukan berarti setelah itu kita langsung bubar dan pulang ke kandang rumah masing-masing. Bang Alitt ngasih kita semacam latihan nulis gitu selama 10 menit lalu dibacain ke seluruh sudut kafe. Tujuannya supaya kita tau mana tulisan yang lebih banyak telling-nya dan mana tulisan yang lebih banyak showing-nya. Pengen tau kan telling sama showing itu apa dan bedanya kaya gimana? Mangkanya, ikutan #CreativeCharity! (anjis malah dipromoin)

Selesai pembacaan beberapa karya temen-temen hasil mikir keras selama 10 menit, acara pun selesai. Ada sesi book signing sama poto-poto unyu bareng bang Alitt gituh. Kesimpulannya, acaranya seru, gokil, dan tentunya bermanfaat banget! Buat kalian yang ada di Malang, Klaten, Solo, Jabotabek, dan Bandung, nggak usah pikir dua kali. Ikut aja #CreativeCharity karena kalian bakalan dapet ilmu nulis yang bermanfaat sekaligus berbagi #BerkahRamadhan buat saudara-saudara kita dengan ikut charity-nya. Yuk yuk!

Dapet notebook unyu ini loh :3

Skripshit yang ditanda-tanganin bang Alitt. Tulisan di bawah tanda-tangannya itu bagian dari harapan palsunya, gaes. Jangan terkecoh.

Poto-poto dulu sebelum pulang. Coba lihat pose bang Alitt di poto kanan. Unyu-nya maksimal banget ya..

Nah, ini Sita. Mumpung ada bang Faris, dia gamau sia-siain kesempatan buat poto bareng juga dong.

Makasih banyak yaaa bang Alitt, bang Dion, mbak Wiwid, bang Faris, R.O.D.O Coffee, @cangcor, dan temen-temen yang udah bikin dan ngebantuin terselenggara dan suksesnya acara ini. Jangan kapok main main dan bagi ilmu di Surabaya lagi yaa :D *kechup basah*

1 comment:

  1. Very nice!! there is so much information on this blog keep posting good information like this so that I can come back every day for some new info... Online Travel Agencies

    ReplyDelete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.