Sunday, April 6, 2014

Ngobrol Asik Tanpa Terusik (Gadget)

Halooo! Udah lama nih nggak curhat di blog ini huehe. Maapin yaa karena tugas bejibun dan tiap hari minta ketemu mulu, jadi nggak sempat nengokin blog yang udah berdebu ini. :( *sapuin blog*

Anyway, barusan aku jalan nih sama seorang temen lama. Aku hampir lupa kalau ternyata dia juga menimba ilmu di kota rantau yang sama kayak aku. Singkat cerita, gara-gara chat fesbuk yang lupa nggak aku off-in, dia nyapa dan akhirnya janjianlah kita buat ketemu dan bagi-bagi cerita.

Biasanya nih ya, kalau kita ketemu sama temen yang udah lama nggak ketemu, seringnya kita nggak tau harus mulai obrolan dari mana. Canggung, nggak bisa langsung ceplas-ceplos, dan banyak deh ke-kikuk-an lainnya. Tapi, dengan temenku yang satu ini, perasaan kayak gitu berasa sirna. Nggak ada tuh yang namanya canggung, apalagi sampe awkward silence. Begitu ketemu di depan pagar kosan aja langsung haha hihi.

Nah, kalian pernah nggak sih, jalan sama temen (entah yang udah lama ketemu maupun yang biasa ketemu sehari-hari), trus pas kamunya ngobrol malah dicuekin sama temenmu yang asik mainan hengpon atau gadget lainnya? Beuh, aku sering tuh ngalamin yang kayak gitu. Kadang nih ya, aku udah cerita panjang lebar eh taunya cuman direspon, "Gimana gimana? Aku nggak fokus nih hehe.." YAIYALAH GIMANA MAU FOKUS WONG FOKUSMU KE LAYAR GEJET! #SoriCapslockJebol #MakluminLagiEmosi

Kamu kamu yang sering ngalamin kejadian kayak gitu pastinya kesel banget dong. Gimana nggak kesel, kita udah mangap-mangap sampe berbusa eh taunya yang diajak ngomong malah nggak perhatiin muka kita, apalagi merhatiin cerita. Mata lawan bicara malah tertuju ke layar hengpon. Lama-lama hengpon dia ditaruh di jidat kita juga nih, biar kalau kita ngomong diperhatiin. Hih.



Lha, di blogpost kali ini, aku mau ceritain tentang dua orang temenku yang kalau diajak ketemuan buat ngobrol dan berbagi cerita, nggak nyentuh gadget-nya sama sekali. Selalu merhatiin aku ngomong apa, dan yang paling epic, mata mereka fokus ke mata aku! Bahkan orang-orang yang lagi pedekate aja kadang nggak berani natap mata pedekate-annya. Keren sekali bukan, teman-teman saya ini?

Jadi, beberapa minggu lalu waktu liburan semester, aku janjian ketemu sama salah satu sahabat yang lama banget nggak ketemu, sebut saja Elita. Persahabatan kita udah dimulai sejak kelas 8 SMP, dan alhamdulillah masih berlanjut sampai sekarang. Aku sama Elita susah banget ketemu, karena dia di Malang dan aku di Surabaya. Sampai pada suatu ketika kita akhirnya dipertemukan...
Cerita dikit nih, waktu aku mau berangkat jemput Elita di rumahnya (dalam rangka ketemuan tadi), kebetulan hengpon sama tab android masa kini lagi aku charge. Pas mau capcus, aku otomatis nyabut hengpon dari charger dong, trus buru-buru dimasukin tas. Eh, mama bilang, "Tab-nya nggak dibawa sekalian ta, mbak?" Lalu dengan mulusnya (dan tanpa sadar) kalimat ini meluncur dari mulutku, "Nggak ah ma, nanti kalau bawa tab nggak bisa ngobrol enak." dan disambut dengan anggukan mama yang bilang, "Wuih, bagus bagus!"

Dan bener aja, begitu sampe di TKP, aku dan Elita langsung memulai obrolan ini itu tanpa keganggu satupun alat elektronik (waktu itu ada tipi gede yang dipasang di kafe tempat kita ketemuan, tapi kita nggak ter-interupsi sama sekali). Elita ini orangnya emang dari awal aku kenal sampai sekarang, jarang banget nyentuh hengpon. Apalagi pas ngobrol. Cuman sekadar nengok hengpon buat ngecek ada sms/telfon aja enggak. Masuk akal juga sih, kalau ada sms/telfon kan pasti hengponnya bunyi, ya ngapain juga dicek tiap saat.
Sepulangnya aku ngobrol sama Elita, yang kira-kira makan waktu tiga jam, rasanya tuh plong banget. Semua cerita dan curhatan bisa tersampaikan dengan respon yang nggak bikin mangkel karena bukan, "Gimana gimana?" yang didapat melainkan, "Oh, jadi begini begini begini? Wah, harusnya kamu begitu begitu begitu.."

Kirain aku, temen 'normal' yang kupunya cuman Elita doang, eh ternyata Allah baik banget masih ngingetin aku sama temen 'normal' lainnya, yang baru kutemui hari ini setelah sekian lama nggak bersua *tsah*. Jadi, temenku ini adalah temen lain selain Elita, yang kalau ngobrol perkara teknologi dan hal-hal nggak mainstream lainnya sama aku bisa nyambung. Bahkan aku dapet banyak pengetahuan baru kalau lagi ngobrol sama dua anak ini. Sebut aja namanya Yayak.

Sama kayak pertemananku sama Elita, aku juga mulai akrab sama Yayak sejak kelas 8 SMP. Tapi nggak ikrib-ikrib banget sih, cuman sekadar kalau ngobrol hal-hal yang geeky gitu pasti nyambungnya sama doi. Nah, mulai akrab waktu kita sekelas di kelas 11 SMA. Yayak duduk di bangku belakangku, dan otomatis temen ngobrol aneh-anehku ya dia. Dari awal aku sering ngobrol sama Yayak sih, udah ketauan kalau doi anaknya menghargai lawan bicara banget. Karena se-nyerocos apapun daku, dia nggak pernah nyela cerita-cerita penting nggak pentingku.

Eh, pas tadi akhirnya ketemu lagi setelah setahunan lebih nggak ngobrol panjang lebar, Yayak ini masih sama. Dan bahkan aku ngerasa amazing aja, dia nggak nengokin hengpon padahal doi udah punya pacar. Yaaa taulah, anak jaman sekarang kan kalau sms pacar telat dikiiiit aja balesnya langsung ngambek berhari-hari. Eh tapi ternyata pacarnya temenku ini nggak kayak pacar-pacar kekinian, dese pengertian banget. Salut deh buat pacarnya Yayak. *standing ovation*
Hari ini waktu aku udah balik kosan, perasaan plong yang kurasain beberapa waktu lalu saat ngobrol bareng Elita keulang lagi. Legaaaa banget. Rasanya udah lama aja gitu nggak ngerasain yang namanya dihargai waktu aku ngomong. Dua temenku ini emang yahud abis lah, wonderful banget, bisa ngehargain lawan bicara dengan menyimak pembicaraan dan menyingkirkan hal-hal yang mengganggu kayak gadget dan aplikasi-aplikasi kekiniannya yang selalu ngasih notif yang bikin kita gatel buat nggak buka.

Balik lagi ke masalah ngobrol dan dikalahin sama gadget, kita harusnya sadar dan nggak selalu nyalahin orang kalau pada akhirnya apa yang kita bicarain nggak dihargai sebab mereka sibuk sama gadget-nya. Bisa aja mereka begitu karena awalnya kita-lah yang ngelakuin hal serupa ke mereka. Sadar nggak sadar. Kalau aku, dari dulu emang nggak bisa sibuk sama hengpon sementara ada orang yang lagi ngajak aku ngobrol. Aku nggak fokusan soalnya, jadi begitu fokus sama satu hal terus diinterupsi sama hal lain, udah deh. Buyar.

Dari curhatanku ini, aku pingin kamu kamu yang masih sering sibuk sama hengpon dan gadget masa kinimu waktu lagi ngobrol dan (katanya) quality time, segeralah menyadarkan diri sendiri. Coba paket data di gadget-mu itu dimatiin, atau kalau perlu di-switch off sekalian hengponnya, biar acara quality time bareng temen atau siapapun itu lebih berasa quality-nya. Jangan cuman quality time abal-abal, yang biar bisa di-update di Path atau Foursquare trus pake caption "Quality time with @anu, @inu, @blablabla" padahal sebenarnya cuman nongkrong doang sambil balapan update dan bukannya ngobrol asik. Percaya deh, kualitas ketemuanmu sama temen-temenmu bakalan lebih kerasa walaupun hanya ketemu sekali dua kali sebulan, kalau emang kamu bener-bener ngeresapin makna quality time itu secara harfiah.

Jangan sampe juga kamu ketawa-tawa gegara ngeliat hengpon dan isi di dalemnya tapi waktu lawan bicaramu ngajak ngobrol, kamu malah nggak acuh dan bikin si lawan bicara bete. Jangan. Kamu nggak kangen apa, masa-masa saat negara api belum menyerang ngobrol bareng temen terasa indah tanpa adanya notif Line, Kakao Talk, Watsap, Path, Instagram, Twitter, Fesbuk, Friendster, dan gituan lainnya? Nggak kangen saat-saat di mana kamu bisa cerita dengan menggebu-gebu bahkan sampe nangis darah waktu lagi hepi atau galau dan direspon dengan respon yang memang kita harapkan? Nggak kangen rasanya dihargain waktu lagi ngobrol? Nggak kangen rasanya nerima respon yang berbagai macem waktu cerita panjang lebar? Jaman-jaman kayak gitu tuh, sekarang udah jarang banget kita alamin. Tapi kabar baiknya, kita sendirilah yang bisa ngulang jaman yang sama dengan memperbaiki apa yang salah di diri kita.

Mangkain, balik normal lagi yuk kayak dulu. Aku udah ngalamin looh, dan rasa bahagianya itu nggak terkalahkan deh. Priceless. :)

6 comments:

  1. "quality time eith @anu @anu" padahal cuma nongkrong biasa. saya juga sering ngalamin wkwkwk :)

    semua kembali pd diri masing2, bbrp org yg gaulny sama org socialmaniac ya kyk gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, saya juga sering kayak gitu kok, mangkanya saya bisa nulis seperti ini. :D
      Iya, memang semua tergantung individu-nya sih.

      Delete
  2. keren..
    aku juga punya temen yang kyk gt. lbh mentingin gejetnya drpda omongan/curhatan tmennya. org kyk gt bikin bete, melting pkoknya hih bgt deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita semua pasti punya temen yang kayak gitu, coba diingetin dulu deh. Trus kasih pengertian kalau tujuan ketemuan kan buat tatap muka, bukan tatap gejet. :))

      Delete
  3. iya... memang seharusnya dalam berbincang atau bercakap cakap seseorang harus mempergatikan lawan bicaranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... Tapi di jaman yang seperti ini, gadget seolah lebih menarik daripada lawan bicara.

      Delete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.