Friday, April 11, 2014

PEDE = Percaya (sama) Diri (sendiri)

Di suatu ketika, dalam kamar kos ala anak teknik yang awut-awutan rapih tak terkira, terbitlah sebuah percakapan melalui SMS dengan salah satu temen...

Temen: Lagi di mana nih?
Aku: Biasalaaah, di mana lagi kalau bukan di kosan.
Temen: Wuahahaha, ngapain? Ngaplo lagi?
Aku: Nggak lah, ngerjain tugas nih sob.
Temen: Tugas apaan?
Aku: Jurnalistik nih, disuruh nulis tentang kuliner gitu.
Temen: Cocok banget tuh sama kamu. Copas aja laaah, modif dikit, potong paragrafnya, sambungin kalimatnya.
Aku: Heh, aku anti copas kaliiiik. Lagian cara nulisnya orang beda banget sama cara nulisku.
Temen: Aku malah selalu copas dari senior.
Aku: Wah, aku ga bisa sob kalau copas-copas. Selalu ga sreg sih. Dan aku terlalu pede untuk ngopas punya orang, karena bagiku tulisankulah yang paling bagus :D
Temen: Tapi kudu mikir dulu kan. Kalau aku copas-edit, 10 menit kelar.
Aku: Waaaah berarti kita beda prinsip coy~
Temen: Hehehe tapi kan lebih efektif dan efisien.
Aku: Haha aku orangnya nggak gampang percayaan sih.

Dari perbincangan yang bisa dibilang nyerempet debat tapi tetap tidak mengganggu asas pertemanan itu tadi *halah*, aku jadi kepikiran beberapa orang yang suka copas, alias copy-paste.

Menurutku, mereka yang lebih suka melakukan adegan tidak senonoh dalam panggung kehidupan ini dengan menjalankan aksi copy dan paste karya seseorang, punya beberapa kemungkinan mengapa mereka melakukannya.

PERINGATAN: Tulisan ini bukan buat nyindir siapapun loh ya, mau ceritain pengalaman aja sih. Ntar takutnya malah ada yang kesindir lagi.
Eh tapi kalau kesindir berarti emang gitu, iye gak? *kedip manjah*


1. Males.
Iya, males. Ini sih kayaknya udah jadi hal yang mendasar banget buat orang yang hobi copas. Males mikir, males nyari ide, males ribet, males ngetik (kalau namanya copas biasanya sih tulisan digital yak yang dicopas), males nulis (ini berlaku buat yang suka copas tugas sekolah/kuliah), dan setumpuk males-males lainnya.

2. Nggak kreatif.
Kenapa nggak kreatif? Soalnya kalau aku bilang nggak punya ide, itu salah banget. Ide sebenarnya selalu ada di pikiran kita, tapi gimana kita menggalinya itu loh yang agak sulit. Nah, dengan copas, berarti si pelaku copas nggak nemuin (atau emang sengaja nggak mau nemuin) cara buat menggali ide dan mencari inspirasi untuk membuat sebuah karya, dengan kata lain: nggak kreatif. Karya di sini tuh macem-macem; bisa tugas, tulisan di blog, bahkan artwork.

3. Pengen terlihat keren.
Misalnya nih, ada salah satu orang yang copas karya kamu. Sadar nggak sadar, sebenarnya dia mengakui kalau karya kamu ini keren. Awesome. Amazing. Dan, sayangnya, doi nggak bisa bikin karya sekeren punya kamu. Apalagi nih, kalau karya kamu udah dapet apresiasi dari banyak orang, famous gitu. Pastinya si pelaku copas ini makin iri dan pengen jadi sekeren kamu, tapi dengan cara yang instan. Alhasil, si pelaku langsung deh comot karya kamu tanpa menyebutkan sumber yang sebenarnya. Bahasa kerennya, ngakuin karya orang.
Poin ini juga berlaku buat yang suka copas tugas dan berlagak tugas itu dikerjain dia, padahal hasil ngerayu bilang, "Eh tugasmu gimana? Udah selesai? Lihat dong buat referensi..." (((REFERENSI)))

4. Nggak tau cara ngehargain karya orang.
Nah, ini mungkin yang sering banget kita teriakkan ke para pelaku copas. Memang sih, kalau doi tau cara ngehargain karya orang, harusnya doi nggak sependek itu pikirannya dengan melakukan aksi copas. Bukannya apa-apa nih, karya kan dibikinnya nggak semenit-dua menit, butuh mikir juga. Idenya itu loh yang mahal, karena setiap orang punya gagasan yang berbeda dan unik. Belum lagi kalau ada yang copas artwork, trus dikomersilkan. Beuh, udah idenya mahal, bikinnya susah, alat-alatnya juga nggak langsung turun dari langit kaliiiik. Nih ya, sekadar info, harga drawing pen merek Snowman itu sebijinya 8500 di toko alat tulis deket kampusku. Misal nih, ada artwork macem doodle yang butuh bermacam-macam ukuran drawing pen, katakanlah butuh 4 macem, kaliin deh 8500 x 4, udah berapa tuh. Dan si pelaku copas dengan seenak udel ngakuin tuh karya sebagai punyanya? WIDIH.

5. Nggak PEDE.
Kenapa bisa aku bilang para pelaku copas ini nggak pede? Gini gini, sehubungan sama poin nomer 4 tadi; setiap orang punya gagasan yang berbeda dan unik. Lah, kalau seandainya nih, kamu ambil gagasan orang, trus kamu akuin itu sebagai punya kamu, emang kamu yakin banget kalau ide yang kamu colong itu adalah yang paling oke? Bisa aja kan, gagasan asli punyamu lebih unik dan keren dibanding ide yang kamu colong tadi. Nah, dari sini, udah keliatan tuh kalau pelaku copas sebenarnya nggak percaya sama dirinya sendiri. Nggak yakin sama kemampuan yang dia miliki. Padahal kalau doi mau percaya dan yakin sama kemampuan yang udah dikasih Tuhan, para pelaku copas ini bisa aja loh ngembangin potensi dalam diri yang mungkin aja nunggu untuk diekspos. Ya tinggal itu tadi, pede aja dan yakin sama diri sendiri. Kalau kamu aja nggak yakin sama dirimu sendiri, gimana orang lain mau yakin sama kamu (dan kemampuanmu)?

Dari lima poin kemungkinan seseorang melakukan copas versi on the spot versiku tadi, sebenarnya yang mau aku tekankan di sini adalah: PEDE. Kenapa sih, nggak pede? Takut di-judge? Takut salah? Udahlaaah, singkirin dulu semua ketakutan yang ada. Di dunia ini, nggak ada satu pun orang yang nggak nge-judge orang lain, termasuk aku, karena sepertinya itu sudah bawaan manusia. Di dunia ini juga nggak ada satu pun orang yang nggak pernah salah, alias selalu bener. Lagipula, kalau belum apa-apa kamu udah takut salah, gimana kamu bisa bener coba? Untuk bisa jadi bener, dan tau apa yang bener, kamu harus salah, gitu kan? Jadi ya udaaaah, nggak usah takut dan percaya dirilah untuk melakukan apapun selama itu nggak melanggar norma yang ada dan nggak merugikan orang lain. Jadi orang yang pede itu menyenangkan kok, asal jangan disamain aja PEDE sama GEER, yak. :p

6 comments:

  1. Dari tulisan adik,.. aku menjadi tahu “ternyata pelaku plagiarisme” itu orangnya memang tak pede banget dengan diri mereka. Aku setuju dengan temanmu, plagiarism itu tak akan memberikan ketenangan kepada diri kita sendiri, tak pede dan kurang sreg... hem.. jadi, aku sudah mulai paham nih..

    Terimakasih banyak dik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ini hanya pendapat saya saja kok, ya semoga saja nggak langsung ditelan mentah-mentah :))

      Sama-sama yaa :D

      Delete
  2. gak jadi tukang copas, tapi salah satu karya pernah dicopas tu yg nyelekit :( tapi gapapalah berarti orang itu cuma salah cara dalam memuji karya kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa, anggap aja itu pujian yang terpendam :D

      Delete
  3. Huh yoi banget! Kalau mau copas seharusnya minta ijin kek, ngasih sumbernya. Tapi mereka nggak -..-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, mbok ya nyantumin itu hasil tulisan siapa gitu yaa. :/

      Delete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.