Thursday, September 25, 2014

Kesempatan Kedua

ALOHA, SAUDAGAR SAUDAGAR SEKALIAAAAN!~
Lama juga ya aku nggak ngeblog. Kangen banget tau nggak sihhhhh. Ini semua dikarenakan kembalinya daku ke dunia perkuliahan yang penuh teka-teki dan intrik #halah
Iya, dunia kuliah, apalagi tingkat akhir kayak aku gini emang penuh teka-teki. Gimana nggak penuh teka-teki, baru juga 3 hari kuliah udah ada tugas aja. Udah disuruh bikin bermacam-macam proposal. Udah disuruh mikirin jodoh judul Proyek Akhir. Ah, semester 5 memang nggak bisa ditebak. Macem perasaan kamu padaku. #IKIOPO

Sebenernya nih, sekembalinya aku ke dunia per-blogging-an setelah magang ini diniatkan untuk berbagi cerita pada kawula muda tentang suka duka magangku. Tapi, nanti dulu. Ada yang lebih pas nih momennya.

Jadi... hari ini kan tanggal 25 September yak. Nah, di tanggal ini, dua tahun lalu, aku dikasih kesempatan kedua sama Allah. Maksudnya? Gimana ceritanya?



*nyalain mesin waktu* *setel tanggalnya jadi 25 September 2012* *proses mengenang dimulai*
Aku masih inget itu hari Selasa. Waktu itu, baru sekitar 2 minggu aku jadi maba (mahasiswa baru). Aku nggak seberapa inget detil kejadian yang kualami hari itu sih, tapi aku inget waktu itu aku mau berangkat ngampus sama temenku lain jurusan, Dian, yang nginep di rumah nenek buat nemenin aku karena home alone. Aku inget waktu itu aku berangkat pagi, mungkin sekitar jam setengah 8-an, yang aslinya itu udah kehitung berangkat ngampus yang mengakibatkan keterlambatan. Nah, sampe sini, aku nggak seberapa inget lagi. Tapi aku yakin, kayaknya, aku ngajak Dian buat sarapan bubur ayam di suatu tempat. Entahlah, ingatanku tentang yang satu ini nggak seberapa bagus.
Oke, jadi karena takut Dian terlambat masuk kelas (karena jarak rumah nenek-kampus kurang lebih makan waktu 30 menit), aku sebagai pembonceng motor, memutuskan buat sedikit ngebut. Tanpa disangka-sangka, di sebuah jalan bernama Darmahusada Indah Surabaya, motorku nabrak mobil. Sampe ringsek. Trus aku pingsan. Trus aku sama Dian nggak jadi telat ngampus karena pada akhirnya harus dibawa ke rumah sakit terdekat, Rumah Sakit Haji.

Waktu itu, alhamdulillah Dian nggak kenapa-napa. Tapi aku gegar otak ringan dan pergelangan tangan kiri patah. Gegar otak ini nih yang bikin memoriku tentang kejadian sebelum dan sesudah kecelakaan jadi nggak jelas. Udah deh, pas itu aku bener-bener persis aktris di sinetron-sinetron yang kena amnesia. Untungnya, amnesia yang kualamin ini nggak lebay kayak di sinetron-sinetron. Aku cuman nggak bisa inget beberapa kejadian sebelum dan sesudah kecelakaan sampe sekarang, dan waktu itu, aku nggak bisa inget siapa aja yang udah jenguk dan beberapa momen sebelum aku kecelakaan. Kayak misalnya nih, aku nggak inget kalau temenku, Ayu, udah jenguk pas paginya. Sorenya waktu Ayu jenguk aku lagi, aku bilang ke dia, "Yuk, aku tadi mimpi kamu jengukin aku loh." Padahal sebenernya itu nggak mimpi. Trus lagi nih, aku kan jadi panitia di acara kampus buat tanggal 28 September 2012, tapi anehnya, aku nggak tau kalau bakalan ada acara itu. Jadi waktu salah satu temen yang jengukin tanya, "Kamu ikut FPWP nggak, Nin?" jawabanku adalah, "FPWP? Itu acara apa? Kok aku nggak dikasih tau sih kalau ada acara itu?"

Amnesia yang paling bikin mama khawatir adalah waktu aku terus-terusan (iya, terus-terusan) nanyain Dian ke mama dengan pertanyaan yang sama, "Dian mana, ma? Dia nggak jadi ngampus dong... Dia nggak kenapa-napa kan, ma?"
Dengan kejadian lumpuhkanlah hilangnya ingatanku itu, aku baru percaya kalau penyakit yang namanya amnesia itu beneran ada. Kirain cuman akal-akalan tipi aja xD

Sehari setelah kecelakaan, dokter nyaranin aku buat operasi. Biar pergelangan tangan yang patah ini kesambung lagi. Aku yang saat itu antara sadar nggak sadar, iya-iya aja buat operasi. Aku juga nggak ngerasain takut atau deg-degan atau gimana gitu menjelang saat-saat operasi. Tapi sekarang, pas aku udah sadar dar dar kayak gini, aku kayak kucing-kucingan kalau disuruh operasi lagi buat ngambil pelat besi yang ditanam di pergelangan tangan. Entahlah, kayaknya bakalan serem aja.

Kecelakaan yang nimpa aku saat itu, ternyata juga ngebuktiin siapa sahabat yang bener-bener punya makna sahabat. Kalau diinget-inget, dua hari sebelum kecelakaan, aku sempet berantem sama Ika gara-gara salah paham. Dia marah banget, semua sms, bbm, dan teleponku nggak dibales. Tapi begitu dia tau aku kecelakaan, dia langsung dateng ke RS sepulang kuliah. Nemenin aku seharian. Gitu terus tiap hari selama aku dirawat di RS. Dia yang nyuapin aku makan, nyiapin keperluan sholat (karena aku sholatnya sambil tiduran waktu itu), bahkan mandiin aku. Dan hal itu nggak cuman dilakuin selama aku nginep di RS aja, setelah keluar RS pun, Ika masih ngerawat aku. Dia memang sahabat terbaik. :')

Nggak cuman keluarga dan temen-temen kuliah dan SMA yang dateng buat jengukin, pegawai-pegawainya mama di Pasuruan juga bela-belain dateng ke Surabaya buat jenguk. Temen-temen SMP, SMA, dan temen mainnya mama papa juga dateng buat jenguk. Selain dibawain makanan-makanan enak, dijenguk banyak orang itu memang menyenangkan karena kita ngerasa kalau kita dipeduliin dan penting buat mereka. Bahkan nih, ada satu hal yang amazing banget: satu angkatan PENS 01 sampe bikin sumbangan gitu buat aku. Bahkan 4 orang perwakilannya dari jurusan Mekatronika jengukin juga. Ini bukan perihal seberapa banyak sumbangannya tapi seberapa banyak kepedulian mereka buat temen satu angkatannya yang waktu itu belum mereka kenal. Keren banget. Padahal, saat itu aku nggak kenal sama sekali sama 4 orang cowok yang jengukin aku. Makasih banyak yaa buat kalian semua yang dulu jengukin aku. Berkat kalian, aku semangat banget buat cepet-cepet sembuh. :')

Waktu aku kecelakaan, aku pikir kecelakaanku itu kecelakaan biasa aja yang nggak sampe gimana-gimana. Ternyata aku baru tau, kalau mobil yang kutabrak itu bener-bener ancur. Ringsek nggak berbentuk. Alhamdulillah banget aku masih dikasih Allah pergelangan yang patah dikit aja. Aku nggak bisa bayangin kalau seandainya waktu itu Allah nggak ngasih aku kesempatan buat ngelanjutin kuliah dan ngelihat mama lagi. Karena bukan nggak mungkin saat itu aku nggak dapet kesempatan kedua kayak gini.

Sampai sekarang, aku nggak tau waktu itu mama papa nangis atau nggak pas denger aku kecelakaan. Aku nggak ngeliat mama papa nangis sih memang, tapi aku ngeliat kok raut muka sedihnya mereka waktu itu. Aku cuman tau kalau begitu denger kabar aku kecelakaan, adekku yang masih nerima pelajaran di sekolah, langsung siap-siap pulang tanpa disuruh. Maafin aku ya, ma, pa, Re, karena dua tahun lalu sempat bikin kalian khawatir. :(

Kalau diinget-inget, kecelakaan itu bikin aku sadar sama banyak hal. Aku dapet pembuktian yang sebenarnya dari makna sahabat. Aku disadarin kalau keluarga memang tempat pertama yang selalu ada kapanpun. Aku disadarin kalau masih ada orang-orang yang peduli di antara sekian juta orang yang nggak mau peduli. Aku disadarin kalau hidup nggak boleh disia-siain dan dihabisin dengan ngelakuin hal-hal yang nggak berguna.

Mungkin waktu itu aku terlalu sombong sama nikmat-nikmat yang dikasih Allah, sampe-sampe harus diingetin dengan cara yang kayak gitu buat nggak lupa bersyukur. Allah baik banget masih nyediain kesempatan buat aku bersyukur dan nggak boleh sombong lagi dengan peristiwa yang akan selalu aku inget sampe kapanpun ini.


Pesan moralnya: Jangan sombong. Jangan lupa bersyukur selagi kita masih punya kesempatan buat ngucap syukur. Alhamdulillah, puji Tuhan, atau apapun bentuk rasa syukur kita ke Yang Maha Kuasa. Karena kita nggak pernah tau, kapan saatnya kita udah bener-bener nggak bisa berucap sepatah katapun.




..........kok postingannya jadi serem gini, ya? :/

2 comments:

  1. baru ini masuk nindunia.blogspot.com
    banyak yang bisa aku ambi pesan moralnyal...
    dan bisa tau gimana kabar temen SMP ku satu ini
    baca-baca tulisanmu rasanya campur aduk nin. :D

    ReplyDelete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.