Thursday, February 6, 2014

Zangrandi: Es Krim Jadul Khas Surabaya

Coba coba, siapa sih yang nggak suka es krim? Mau rasa vanila, cokelat, stroberi, pasti pada suka deh sama dessert manis nan dingin satu ini. Kalau kalian ngaku ice cream freak, pasti nggak asing dong sama Zangrandi? Kalau kamu pencinta kuliner, pasti pernah denger. Apalagi yang domisili Surabaya atau Jawa Timur. For your information aja nih, Zangrandi adalah gerai es krim tertua di Surabaya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso depan gedung Balai Pemuda bekas bioskop Mitra 21. Selain cita rasa es krimnya yang dipertahankan keasliannya, bentuk fisik kedai es krim ini juga diupayakan masih persis sama seperti aslinya, lho.

Kalau mau nyari nih tempat, coba tanya-tanya kang becak terdekat atau googling Jalan Yos Sudarso 15 Surabaya

Letak kedai es krim ini cukup strategis, sih. Berada di tengah kota Surabaya, kamu kamu yang lagi jadi turis di kota Pahlawan dijamin nggak bakalan bingung deh nyari Zangrandi. Posisinya di kanan jalan, jadi tengok kanan terus aja biar nggak kelewatan tempatnya.

Sebenarnya, Zangrandi ini sudah buka outlet di mal-mal dan beberapa resto di Surabaya (nggak tau lagi kalau ternyata sudah buka cabang di kota-kota lain). Tapi menurutku pribadi, makan es krim ini paling nikmat di tempat asalnya. Ya di mana lagi kalau bukan di Jalan Yos Sudarso 15 Surabaya. Selain bisa ngerasain keaslian interiornya yang nggak banyak berubah dari jaman dahulu kala *tsah*, kita juga lebih leluasa ngajak teman yang banyak buat rame-rame datang ke sini, karena memang space yang disediakan lebih luas daripada yang di mal-mal.

Zangrandi Yos Sudarso menyediakan dua ruang untuk kita menikmati es krim dan kudapan lainnya: indoor dan outdoor. Kalau aku sih lebih suka yang outdoor, sambil mengamati jalanan Surabaya dari balik pagar *halah*



Suasana outdoor.

Selain jadi tempat nongkrong favorit anak gaul Surabaya, Zangrandi ini juga jadi favorit keluarga dan pegawai kantoran sekitar situ kalau lagi jam makan siang. Waktu aku ke sana, lagi banyak banget ibu-ibu dan rombongan keluarga yang menikmati lumernya es krim Zangrandi dalam mulut di tengah teriknya matahari Surabaya.

Selain menyediakan es krim yang homemade a.k.a bikinan dewe, Zangrandi juga menawarkan berbagai macam menu yang akan memanjakan lidah. Ada pizza, french fries, roti bakar, dan masih banyak cemilan-cemilan lain buat teman makan es krim. Saat pertama kali buka buku menu, aku terkesima sama desain dan isinya. Desainnya disesuaiin sama tema Zangrandi yang tempo doeloe, ada foto Zangrandi tampak depan saat awal berdiri di tahun 1933, ada juga sejarah berdirinya Zangrandi dalam bilingual alias dua bahasa. Aku yang ke sana sama Yesi, memilih untuk nyobain Noodle Ice Cream sama, aduh, sama apa ya... satunya lagi aku lupa :/ maklumlah, ingatanku seperti ikan mas koki :(( Daripada penasaran aku pesen apaan, lihat sendiri penampakannya ya!

Noodle Ice Cream yang kupesan. Harusnya sih noodle-nya rasa vanila, berhubung saat itu yang vanila habis, jadinya dikasih yang cokelat deh. Tapi nggak mengurangi ke-mak nyus-an es krim ini kok :9

Nah ini es krim yang aku lupa namanya apa. Tapi enak juga, terdiri dari es krim mocca dan vanila yang dikasih topping cokelat beku dan semacam ting-ting, ditambah wafer stik, roti potong, sama ceri di atasnya. BEUH!

Nah, setelah tadi aku mengulik gimana suasana outdoor, sekarang mari kita cus ke bagian indoor. Di sini, tempatnya lebih adem karena memang ada AC-nya, cocok buat kamu yang nggak betah sumuk. Sama seperti di bagian outdoor, bagian indoor ini nggak kalah cozy dengan penerangan yang semi remang-remang *halah*, penuh dengan lampu kuning yang seolah memberi kesan hangat, balance dengan dinginnya AC.






Soal pelayanannya, lumayan memuaskan lah. Layaknya kedai-kedai es krim lain, Zangrandi juga menyediakan air putih untuk menetralisir lidah sehabis makan es krim. Dan enaknya, kita boleh minta refill air putih secara gratesss ke mas-mbak pelayannya. Wuhuu! #akucintagratisan
Kecepatan datangnya pesanan ke tangan kita juga oke. Nggak perlu nunggu waktu lama, segera setelah kita selesai memesan, orderan pun datang dengan cantik dan siap disantap. Nggak mengecewakan, laah.

Kisaran harga di Zangrandi boleh terbilang cukup menguras kantong anak kos sih *hiks* tapi sepadan dengan kenikmatan lelehan demi lelehan es krim yang meluncur dengan manis di tenggorokan menuju lambung. Terakhir ke sana nih, harganya berkisar antara 30ribu sampai 45ribuan. Nggak seberapa mahal kan, kalau kalian ajak mama papa buat bayarin ke sana :3


Zangrandi buka setiap hari kecuali hari Selasa, mulai pukul 14.00 - 20.00 WIB. Wajib dicoba nih buat kalian yang akan liburan menuju Surabaya. Jangan nyesel loh ya, kalau kalian sudah jauh-jauh dari kota asal menuju Surabaya tapi nggak nyobain Zangrandi. :p

6 comments:

  1. Aku juga barusan kesana minggu lalu sama salah satu maba, haha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku sudah lama ke sananya, pasti kamu modusin maba deh :)))

      Delete
  2. wah kalo aku kuliah kesana,,, bakal jadi tongkrongan ku nii.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh emang kuliah di mana? Yuk yuk main ke Surabaya :D

      Delete
  3. Kalau aku diterima kuliah di Unair *amien*, pengen mampir ke sini ahhh :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :) nanti kalau sudah tinggal di Surabaya, cobain tempat-tempat seru lainnya juga, dong :D

      Delete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.